Friday, November 24, 2017

Tips Bermain Monopoli



Tips Bermain Monopoli - Monopoli yang kita ketahui adalah sebuah permainan klasik yang sering di mainkan oleh anak tahun 90-an, hingga saat ini pun permainan ini masih cukup di gemari oleh kalangan anak - anak hingga remaja. saya sendiri juga sering memainkan game ini saat masih kecil dulu, karena permainan ini sangat mengasikkan untuk di mainkan bersama teman-teman.

Tapi untuk zaman yang serba canggih saat ini permainan ini kian menghilang bagai di telan bumi, kenapa ? karena anak zaman sekarang atau sering di sebut Kidz Zaman Now . lebih banyak menghabiskan waktunya dengan smarthphone masing -masing. tapi ah sudahlah  sekarang saya hanya akan membahas aturan permainan monopoli yang akan saya jabarkan di bawah ini.

Aturan Permainan Monopoli


aturan permainan ini dari dulu sampai sekarang sama saja tidak ada bedanya , yang membedakan mungkin kalau dulu mainnya pakai kertas kalu sekarang mainnya pakai smarthphone atau pc. namun secara keseluruhan tetap sama .

1. Alat Bermain Monopoli

  • Papan permainan meliputi petak-petak menerangkan tanah bangunan, stasiun, pajak-pajak & kesempatan
  • dadu berjumlah 2 biji
  • 32 rumah hijau dan 12 hotel warna merah
  • 1 set kartu Dana Umum dan 1 set kartu Kesempatan
  • Kartu hak milik tanah bangunan dengan keterangan mengenai komplek, harga sewa dan hipotiknya
  • Uang-uang permainan dari berbagai nilai
2. Persiapan Permainan

  • Papan permainan ditaruh di meja yang lumayan besar, kartu Dana Umum & Kesempatan diletakkan tebalik dalam petak yang sudah tersedia. 
  • Untuk awal-awal permainan, tiap pemain diberi uang sebanyak $200.000. 
  • Segala kartu Tanah Bangunan. rumah-rumah, hotel-hotel diserahkan kepada bank. Pejabat bank bisa dipilih dari salah satu pemain.
3. UANG-UANG Monopoli
Pertama-tama tiap pemain diberi uang sebesar $200.000 dan harus di bagi sebagai berikut :
  • 1 lembar $100.000
  • 1 lembar $50.000
  • 1 lembar $20.000
  • 1 lembar $10.000
  • 3 lembar $5.000
  • 3 lembar $1.000
  • 2 lembar $500
  • 3 lembar $200
  • 4 lembar $100
  • Sisanya disetorkan kepada bank.
4. Awalan permainan
awalan permainan setiap pemain melempar dadu secara bergiliran, angka yang paling banyak main dulu. Pemainan dimulai sejak petak START. Setelah itu pion-pion pemain dijalankan bergiliran sesuai dengan dadu kepetak-petak mengikuti arah panah. Dimana biji-biji pemain terhenti, Tanah Bangunan dll dapat dibelinya, dan membayar sewa jika Tanah Bangunan tersebut telah dimiliki orang atau membayar pajak dan sebagainya.

5. Jika Dadau Menunjukan Nilai Yang Sama
Pemain bisa terus berjalan, namun andaikan pada lemparan ketiga angka dadu tetap menunjukkan nilai yang sama, maka pemain harus segera masuk penjara.

6. GAJI 
untuk pemberian gajiTiap pemain setelah melalui petak START diberi gaji $20.000 oleh bank.

7. PEMAIN YANG BERHENTI DI TANAH BANGUNAN YANG BELUM DIMILIKI ORANG 

Apabila seorang pemain berhenti di atas TANAH BANGUNAN yang belum dimiliki orang lain (dengan perantaraan dadu maupun dengan paksaan kartu KESEMPATAN atau kartu DANA UMUM) pemain tersebut mendapat hak untuk membeli tanah bangunan tersebut dengan harga yang sudah ditetapkan, melalui bank. Setelah membeli tanah bangunan dan mendapat kartu hak milik dari bank, kartu harus diletakkan di atas meja. Jika pemain tidak mau membeli tanah bangunan yang menjadi haknya ia harus mengembalikan kepada bank untuk dijual kepada penawar tertinggi. Semua pemain berhak mengajukan penawaran tidak terkecuali yang menolak pembelian tadi.

8. BERHENTI DI TANAH BANGUNAN YANG DIMILIKI ORANG :

Apabila seorang pemain berhenti di atas tanah bangunan yang telah dimiliki pemain lain (dengan perantaraan dadu maupun karena diharuskan oleh kartu KESEMPATAN atau DANA UMUM), pemilik tanah bangunan tersebut berhak memungut sewa atas tanah tersebut sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan pada kartu hak milik. Selanjutnya jika di atas tanah bangunan itu didirikan rumah-rumah atau hotel sewanya dapat dipungut lebih tinggi dari tanah yang belum dibangun. Tanah yang digadaikan  ke bank tidak berhak memungut sewa dan kartu harus diletakkan terbalik.

PERHATIAN : Seseorang pemilik tanah jika lupa memungut sewa, pada waktu gilirannya kehilangan haknya. (Sewa tak dapat dipungut lagi)
9. KEUNTUNGAN UNTUK PEMAIN 
Adalah suatu keuntungan untuk tiap pemain yang memiliki satu kompleks tanah bangunan (misalnya New Delhi, Riyadh, Moscow). Karena dengan demikian ia berhak memungut sewa atas tanah bangunan tersebut 2 x lipat. Rumah-rumah dan hotel hanya dapat dibangun atas satu kompleks tanah bangunan. Keuntungan mendirikan rumah-rumah dan hotel-hotel ialah pemiliknya dapat memungut sewa jauh lebih besar daripada kompleks yang masih kosong.

10. BERHENTI DI KESEMPATAN ATAU DANA UMUM 
Pemain mengambil kartu yang teratas, setelah menaati petunjuk-petunjuk di dalamnya, kartu itu dikembalikan dibawah sendiri. Hanya kartu  "Keluar dari Penjara" dapat disimpan hingga terpakai atau dijual kepada pemain lain.

11. BERHENTI DI ATAS PETAK PAJAK 
Bayarlah segera pajak kepada bank yang dikenakan kepada anda. Segala jenis pajak harus diserahkan kepada bank.

12. PEJABAT BANK 
Pilihlah seorang Pejabat Bank yang cakap dan pandai melelang. Adakalanya pejabat bank turut bermain. Dalam kekayaan pribadi dan harta milik bank harus dipisahkan. Jika permainan ini dimainkan lebih dari 4 orang, kami anjurkan memilih pejabat bank khusus.

13. BANK 
Kewajiban bank ialah membayar gaji-gaji dan hadiah-hadiah serta menjual tanah-tanah bangunan, rumah-rumah dan hotel-hotel, meminjamkan uang dengan hipotik.

14. PENJARA
Pemain yang diharuskan masuk penjara:
  • bijinya berhenti pada petak "masuk penjara"
  • mendapat perintah masuk penjara dari kartu dana umum atau kartu kesempatan
  • Kedua dadu menunjukkan angka yang sama sebanyak 3 kali.
15. KELUAR PENJARA 
Seorang pemain dapat keluar penjara jika:
  • Lemparan dadu menunjukkan angka yang sama
  • Membeli sehelai kartu "Keluar dari Penjara" dari pemain lain
  • Membayar uang denda kepada bank 50 kepada bank sebelum tiba pada gilirannya
  • Pemain diberi kesempatan tiga kali lemparan dadu untuk mendapat angka yang sama, setelah itu ia harus membayar dendanya 50 kepada bank dan berjalan menurut angka dadu.
16. RUMAH-RUMAH 
Rumah dapat dibeli dari bank dan sebelumnya harus mempunyai 1 kompleks tanah untuk dibangun rumah. Rumah dapat dibeli segala waktu dengan jumlah menurut kemampuannya tetapi harus merata tiap petak 1 rumah dst.

17. HOTEL-HOTEL
Tiap pemain diharuskan memiliki 4 rumah dalam 1 seri Tanah Bangunan sebelum ia diperbolehkan beli 1 hotel. Harga hotel telah ditentukan pada kartu hak milik. Setelah membeli hotel tersebut pemain harus menyerahkan 4 rumahnya kepada bank (di atas tiap tanah bangunan hanya diperbolehkan membangun 1 hotel)

18. KEKURANGAN BANGUNAN
Pada waktu bank telah kehabisan rumah untuk dijual kepada pemain, mereka yang hendak mendirikan rumah harus menanti hingga salah seorang pemain mengembalikan rumahnya kepada bank. Jika pembeli lebih dari 1 orang, maka rumah tersebut dilelang.

19. BEBAS PARKIR (FREE PARKING)
Jika pemain berhenti di petak bebas parkir, maka kita tidak perlu melakukan apa-apa. Jadi kita hanya diam di petak tersebut.

20. MENJUAL HARTA KEKAYAAN 
Tanah Bangunan yang belum dibangun, Stasiun dan Perusahaan Listrik / Air dapat dijual belikan sebagai transaksi pribadi antara pemain dan pemain dengan harga tak terbatas. Tanah Bangunan dilarang dijual belikan apabila dalam 1 kompleks Tanah Bangunan masih terdapat rumah-rumah yang belum dikembalikan kepada bank. Rumah dan Hotel dapat dijual kembali ke bank dengan syarat bahwa bank hanya membeli separuh harga pokoknya. Mengenai hotel yang dijual, bank hanya membayar separuh harga hotel yang resmi ditambah dengan separuh jumlah harga 4 rumah.

HIPOTIK (Tanah digandakan kegada bank)
Tanah (property) dapat digadaikan ke bank dengan harga yang telah ditentukan pada kartu hak milik. Cara membeli tanah (property) yang telah digadaikan ialah harga pokok tanah (property) + bunga 10 % . Tanah yang digadaikan dapat dibeli oleh pemain lain dengan tambahan bunga 10 % (dengan rincian sama seperti sebelumnya). Jika tanah tersebut ada rumahnya maka bank hanya bisa membeli separuh dari harga pokok rumah tersebut.

21. BANGKRUT (PAILIT)
Pemain dinyatakan bangkrut jika pemain tidak sanggup membayar hutang. Segala harta kekayaan diserahkan kepada kreditornya dan berhenti bermain. Dalam penyelesaian ini pemain yang memiliki rumah-rumah atau hotel-hotel harus diserahkan kepada bank. Uang harus dibayarkan kepada kreditornya. Dan jika pemain tak memiliki uang untuk membayar pajak, denda atau hukuman-hukuman lainnya, maka bank segera melelang segala kekayaannya dan pemain dinyatakan kalah.

22. PEMENANG (MOMOPOLIST)
Pemenang adalah pemain yang memiliki Properti, Rumah, Hotel dan uang cash terbanyak dari hasil uang sewa. Dalam satu permainan, setiap pemain akan menjadi bangkrut satu persatu. Pemain terakhir yang bertahanlah yang menang.  

23. KETERANGAN LAIN
Jika seorang pemain hutang kepada pemain lain, ia dapat membayar hutangnya berupa uang tunai dan setengah lagi dengan kekayaannya. Dalam keadaan ini pihak kreditor sering membeli kartu hak milik lebih tinggi dari harga hipotik. Dengan maksud untuk memblokir lain pemain memiliki tanah tersebut.

Pertarutan monopoli ini bisa dilihat dibalik papan permainan. Biasanya juga bonus papan permainan ular tangga dan ludo. nah untuk kalian yang ingin bermain monopoli cukup membeli alatnya saja murah kok sekitaran 7000-8000 saja. mungkin hanya sampai di sini pertemuan kita namun jangan bosan untuk mampir ke sini ya karena akan banyak tips dan info menarik lainnya.

Sumber : http://idayusnilawati.blogspot.co.id

Tinggalkan Komentar anda...
Karena itu sangat membantu saya dalam membangun sebuah blog.

Perhatian, dilarang membuat Link aktif di dalam komentar.
EmoticonEmoticon